Hindari Cream Pemutih Berbahaya di Pasaran, Ini Ciri-cirinya

Hindari Cream Pemutih Berbahaya di Pasaran, Ini Ciri-cirinya
Sekarang, banyak sekali cream pemutih berbahaya di pasaran. Memang, memiliki kulit yang cantik bersinar adalah keinginan semua wanita. Tidak heran banyak yang rela merogoh kocek untuk membeli berbagai produk kecantikan. Mulai dari skincare untuk kulit berminyak sampai cream pemutih.

Namun, ada banyak sekali produk pemutih yang berbahaya. Tetapi jangan khawatir karena Anda bisa mengenali produk kosmetika yang berbahaya dengan memperhatikan ciri-ciri yang akan dibahas di bawah ini.

Ancaman Merkuri
Banyak produk kecantikan seperti cream pemutih berbahaya di pasaran yang mengandung merkuri. Merkuri adalah sejenis logam aktif yang sering ditambahkan dalam bermacam-macam produk kecantikan. Mulai dari maskara, pembersih make up, sabun, dan paling sering dalam cream pemutih.

Merkuri dapat menghambat pembentukan melanin. Melanin adalah sel-sel yang membuat kulit menjadi terlihat lebih gelap. Jadi, jika ada cream yang diiklankan bisa membuat kulit menjadi putih dalam waktu cepat, kemungkinan produk tersebut mengandung merkuri.

Namun demikian, merkuri adalah logam yang berbahaya dan dapat meracuni kulit. Ada berbagai efek samping yang diakibatkan merkuri.

Contohnya kulit perih dan iritasi, bruntusan, sampai infeksi saluran kemih. Bahkan kandungan merkuri yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kematian.

Lalu, bagaimana kita dapat menghindari produk yang mengandung merkuri?


Skincare Aman BPOM
Skincare Aman BPOM


Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung Merkuri

Anda tidak perlu takut keracunan merkuri. Sebab, cream pemutih berbahaya yang mengandung merkuri memiliki ciri-ciri tertentu. Berikut adalah ciri-cirinya.

- Tidak ada sertifikasi BPOM

Sertifikasi BPOM berarti produk tersebut telah lolos uji klinis dan dinyatakan aman digunakan. Jadi, cara termudah untuk mengecek apakah sebuah produk aman atau tidak adalah mengecek nomor BPOM produknya. Cream pemutih yang mengandung merkuri tentu saja tidak memiliki sertifikasi BPOM.

- Bau menyengat

Jika begitu kemasan cream dibuka Anda mencium bau yang menyengat, kemungkinan cream tersebut mengandung merkuri. Bau tajam seperti bau logam adalah ciri pertama produk yang mengandung merkuri. Beberapa kosmetik yang mengandung merkuri juga diberi pewangi yang berbau tajam.


- Tekstur kasar dan menggumpal
Waspadai cream yang terasa kasar dan menggumpal. Bisa jadi cream tersebut mengandung merkuri. Cream pemutih yang menggunakan merkuri cenderung menggumpal dan memiliki tekstur yang kasar.

- Warna mengkilat dan putih kekuningan

Warna kekuningan dan mengkilatBiasanya krim pemutih yang memiliki kandungan merkuri memiliki warna kekuningan. Krim juga sedikit mengkilat seperti hologram. Penyebab warna mengkilat tersebut adalah kandungan merkuri.

- Efek samping

Beberapa efek samping dari kandungan merkuri adalah kulit gatal dan perih, iritasi, dan terasa panas saat terpapar sinar matahari. Jika Anda mengalami efek samping setelah beberapa hari menggunakan cream pemutih, kemungkinan Anda telah membeli cream pemutih berbahaya di pasaran yang mengandung merkuri.
Blog Post Lainnya
VMALE
Brand yang berfokus pada berbagai produk kecantikan & perawatan wanita asia dengan iklim tropis.

Dengan bahan yang aman (BPOM) dan halan (HALAL MUI) serta pengolahan bersertifikat GMP.
Social Media
Alamat
0821-2000-5062
info@vmale.co.id
Jl. Mahar Martanegara No.56 Cigugur Tengah Kec. Cimahi Tengah Kota Cimahi - Jawa Barat (40535)
@2021 VMALE - Asian Beauty Care Inc.